Prkatik Kerja Lapangan ( PKL ) merupakan model penyelenggaraan pendidikan  yang dirancang untuk memudahkan para siswa mencapai keterampilan keahlian sesuai dengan program keahlian masing – masing. Pendekatan ini merupakan upaya untuk menyesuaikan antara kebutuhan lapangan kerja dan penyediaan tenaga kerja. Dalam pelaksanaan Praktik Kerja Lapangan pemberian pengalaman belajar sebagian diberikan di sekolah dan sebagian lagi di dunia usaha / dunia industri.

Praktik Kerja Lapangan adalah suatu bentuk penyelenggaraan pendidikan keahlian professional yang memadukan secara sistematis dan sinkron program pendidikan di sekolah dan program penguasaan keahlian yang diperoleh melalui kegiatan bekerja langsung di dunia usaha / dunia industri untuk memperoleh suatu keahlian profesional tertentu, yang dinamakan Praktik Kerja Lapangan (PKL). Selanjutnya pada kegiatan penyelenggaraan praktik di lapangan diharapkan siswa memiliki etos kerja yang baik, seperti; kemampuan kerja, motivasi kerja, inisiatif, kreativitas, produktivitas, disiplin waktu dan kerja sama.

Untuk mendeteksi perkembangan para siswa peserta PKL di industri, diperlukan perangkat yang dapat memberikan informasi tentang kualitas dan jenis kegiatan praktik siswa. Perangkat tersebut adalah Jurnal Kegiatan Siswa. Jurnal ini  berfungsi sebagai suatu bentuk laporan Kegiatan Siswa selama melaksanakan PKL di dunia usaha / dunia industri.