Pusat Pengembangan Karir Siswa/Bursa Kerja Khusus (BKK) adalah lembaga yang dibentuk di SMK, Politeknik/Universitas, dan Lembaga pelatihan yang menjadi mitra lembaga pemerintah sebagai unit pelaksana yang melakukan kegiatan/memberikan layanan bagi peserta didik dan lulusan berupa informasi pasar kerja, pendaftaran pencari kerja, penyuluhan dan bimbingan jabatan, penyaluran dan penempatan kerja. Selain penempatan lulusan, Pusat Pengembangan Karir Siswa/Bursa Kerja Khusus juga berfungsi meningkatkan pemahaman dunia usaha/industri terhadap kemampuan/kompetensi yang dimiliki oleh lulusan yang sesuai jenis pekerjaan/posisi jabatan yang tersedia di dunia usaha/industri, serta untuk pencapaian target persentase lulusan yang bekerja pada tahun kelulusan.

Fungsi tersebut bisa dicapai melalui pemasaran tamatan atau job matching. Dengan menyelenggarakan job matching, Pusat Pengembangan Karir Siswa/Bursa Kerja Khusus (BKK) dapat menjembatani antara pencari kerja lulusan pendidikan vokasi dengan Penyedia lapangan kerja.

Pusat Pengembangan Karir Siswa/Bursa Kerja Khusus menjadi komponen penting dalam mengukur keberhasilan pendidikan vokasi salah satunya di SMK. Berkenaan dengan hal tersebut, SMKN 5 Semarang juga memiliki BKK dengan:  “ MARSUDI UTAMA